Full Width CSS

banner image

Header Ads

test

6 KETRAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANF PEMIMPIN

                               http://m.kabar24.com/images-data/posts/2014/04/22/216765/manajer-ellefigaro.jpg

Berikut beberapa keterampilan manajemen yang harus dimiliki oleh seorang pimpinan /manajer.
  1. Keterampilan Konseptual, yaitu ketrampilan manager dalam  membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi. Gagasan atau ide tersebut dijabarkan menjadi rencana kegiatan yang disebut proses perencanaan atau lebih tepatnya rencana kerja. Termasuk juga memiliki visi dan misi yang jauh kedepan dan jelas, program kerja yang real, strategi, dan terus menjaga nilai competitive advantage dalam sebuah organisasi.
  2. Keterampilan Komunikasi, yaitu keterampilan manager dalam  berinteraksi dan komunikasi secara baik dengan banyak orang. Disebut juga keterampilan kemanusiaan. Kepada bawahan bersifat mengayomi, persuasif, dan bersahabat. Kepada rekan kerja saling menghormati dan menghargai. Kepada customer dan atasan bersifat melayani. Manajer berkomunikasi dengan baik kepada semua orang, menshare visinya, dan membuat semua orang menjadi tim sukses visi tersebut.
  3. Keterampilan Teknis, yaitu ketrampilan manager yang merupakan bekal agar lebih matang pada bidang yang ditangani. Umumnya diperlukan untuk manajer tingkat rendah. Misalnya menggunakan program komputer, membuat code program, dsb. Tentu saja ada keunggulan tersendiri dibanding manajer yang hanya mengerti konsep, akan tercipta efektifitas dan efisiensi yang ideal. Dan tentunya pekerjaan akan mudah terselesaikan.
  4. Keterampilan Manajemen Waktu. Seorang manajer digaji besar, setiap menit begitu berharga untuk perusahaan. Dia harus bisa mengalokasi waktu agar mendapat hasil yang optimal. Akan teruji dalam penyusunan waktu yang digunakan dalam melakukan sebuah project. Termasuk juga keterampilan untuk membuat skala prioritas. Karena membuang waktu sedikit yang tidak berguna akan merugikan perusahaan.
  5. Keterampilan membuat keputusan, yaitu ketrampilan yang termasuk juga kemampuan untuk mengidentifikasi masalah, memandangnya secara keseluruhan dan komprehensif (helicopter view), dan menentukan solusi terbaik untuk memecahkan suatu masalah yang sedang dihadapi perusahaannya. Keputusan yang baik adalah yang tidak terburu2, bersikap tenang agar bisa tahu bagaimana solusi yang terbaik, namun adakalanya keputusan diperlukan dalam waktu yang singkat. Seiring dengan waktu dan pengalaman, manajer akan terbiasa menghadapi kondisi seperti ini.
  6. Keterampilan Kepemimpinan. Yaitu ketrampilan seorang manager dalam program kerja, eksekusi, dan evaluasi diperlukan komitmen, ketegasan, dan keberanian. Karenanya manajer betul-betul harus menjadi  pemimpin, dan tidak terlalu terpengaruh terhadap hal-hal yang tidak semestinya harus langsung percaya. Manajer yang kuat akan menciptkan trust kepada lingkungannya, dan menumbuhkan teamwork yang solid.
Bagaimana dengan Anda ? Sudahkah memiliki ketrampilan diatas ?

Semoga bermanfaat :)
6 KETRAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANF PEMIMPIN 6 KETRAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANF PEMIMPIN Reviewed by plasa busana on September 29, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.