Full Width CSS

banner image

Header Ads

test

Bisnis Go Online Siapa Takut

Saat ini perkembangan dunia usaha sudah begitu dinamis. Siapa yang gagal berkembang atau stagnan hingga saat ini, dipastikan akan tertinggal semakin jauh. Dan disitulah bisnis yang Go Online menjadi jawabannya. Hal ini di buktikan dengan data pengguna Internet Indonesia 83,7 juta pengguna dan data ini akan terus bertambah.
Dari data lembaga riset International Data Corporation (IDC), nilai perdagangan lewat internet di Indonesia tahun 2011 mencapai 3,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 30 triliun. Hasil survei Master Card Worldwide pada Februari lalu juga menunjukkan tren peningkatan belanja online sebesar 15 persen di Indonesia dalam enam bulan ke depan.
Meningkatnya transaksi e-commerce di Indonesia antara lain disebabkan membaiknya pertumbuhan perekonomian, di samping tumbuhnya kelas menengah. Bank Dunia menyebutkan bahwa 56,5 persen populasi Indonesia atau sekitar 134 juta jiwa masuk kategori kelas menengah dengan nilai belanja 2-20 dollar AS per hari
Kelebihan bisnis online dibanding bisnis offline adalah bisnis online memiliki risiko yang lebih sedikit dibanding dengan bisnis offline. Bisnis online tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga. Bisnis online dilakuan lewat cloud ataupun komunikasi lewat jarak jauh.
Nah, memiliki toko online adalah salah satu cara agar Anda bisa berbisnis online. Sistem transaksi yang dilakuan di website atau toko online adalah ketika buyer mengunjungi kemudian membeli barang di toko online kita.
Konsep pembayaran di toko online biasanya melalui transfer ke no rekening yang telah disediakan dan dicantumkan di toko online tersebut ataupun sistem pembayaran lain seperti kartu kredit. Biasanya komunikasi yang dilakukan oleh pemilik toko online dan pembeli melalui media live chat, email, sms, telepon ataupun instan messenging (BBM/WA).
Pada website ataupun toko online perlu diperhatikan beberapa fitur dan fasilitas untuk menunjang kinerja dari bisnis online kita, berikut ini fitur dan fasilitas yang harus ada pada website atau toko online Anda;
1.    Testimoni dari konsumen.
Dengan adanya testimony dari orang yang pernah membeli produk kita, maka para calon konsumen akan semakin yakin dengan toko online/website yang kita miliki. Oleh karena itu, sangat penting pada website bisnis terdapat kolom khusus yang menampilkan testimoni dari para konsumen yang pernah membeli produk atau menggunakan layanan kita.
2.    Fitur social media.
Belakangan ini konsumen sangat ingin memiliki berbagai opsi untuk terhubung dengan suatu bisnis. Salah satu channel yang digunakanuntuk bisa berinteraksi dengan toko online/website yang kita miiliki adalah dengan social media.
Nah dari situ kita bisa menyimpulkan bahwa pada website/toko online kita harus tersedia fitur social media sehingga para pelanggan bisa berinteraksi dengan kita. Selain itu juga, dengan tambahan tombol "share" di website memungkinkan para konsumen membagikan info, produk ataupun layanan yang kita tawarkan di akun social media yang mereka miliki. Hal tersebut jelas sangat menguntungkan kita, karena secara tidak langsung mereka juga telah membantu menyebarkan info terkait bisnis kita.
3.    Tampilan yang menarik.
Konsumen pasti sangat menyukai tampilan website yang menarik, baik dengan foto ataupun video produk yang bagus maupun desain website yang mobile friendly. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menampilkan gambar produk/jasa dalam kualitas yang baik pada website bisnis sehingga para konsumen mendapatkan gambaran yang jelas terkait produk/jasa yang kita tawarkan.
4.    Fitur shopping cart.
Pada setiap Toko online/website yang menjual produk secara langsung, keberadaan fitur shopping cart sangatlah penting, dengan adanya fitur shopping cart para calon konsumen bisa melakukan pemesanan produk secara langsung dan tidak perlu repot lagi menghubungi customer support kita untuk melakukan pemesanan. Dengan kemudahan dalam proses pemesanan ini maka kemungkinan para calon konsumen lari ke pesaing pun bisa diminimalisir.
5.    Konten yang selalu update.
Dengan selalu meng-update konten yang ada di website bisa menunjukkan kepada calon kosumen kita bahwa mereka telah terhubung dengan sebuah bisnis yang benar-benar hidup dan bisa mereka percaya. Mungkin kita tidak perlu meng-update semua konten yang ada diwebsite tetapi sebaiknya ada beberapa bagian pada website kita yang harus selalu up to date, seperti blog, info produk, info promo dan lain-lain. Konten yang selalu update juga membantu menaikkan peringkat website kita di search engine, sehingga sangat penting bagi kita untuk meng-update konten yang ada di website.
6.    Info Kontak.
Info kontak pada website mungkin dianggap hal yang sepele bagi beberapa orang pebisnis, namun hal ini memberikan pengaruh yang cukup besar bagi bisnis kita di online. Dengan tidak adanya info kontak di website akan menyebabkan kita kehilangan konsumen potensial dan bisnis kita dianggap tidak kredibel. Konsumen mengharapkan agar mereka bisa berhubungan secara personal dengan bisnis kita, baik melalui email, telepon ataupun social media. Oleh karena itu, kita harus mencantumkan secara lengkap info kontak dari bisnis kita di website.
7.     SEO Friendly
SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya yang dilakukan oleh para pemilik website supaya bersahabat dengan mesin pencari. Banyak sekali trik yang digunakan oleh para pemilik website supaya saat kata kunci mereka dicari, website mereka terindeks pada halaman pertama.
Bisa disimpulkan tujuan utama SEO sebenarnya adalah untuk mendatangkan Pengunjung/Traffic sebanyak - banyaknya pada sebuah website. Jadi SEO memegang aspek penting pada sebuah website sehingga tidak dapat dipungkiri sebuah website yang SEO friendly akan membawa dampak yang besar bagi website ita.
Selain itu juga ada beberpa fitur yang menjadi tambahan yang powerful untuk website Anda diantaranya:
1.       Fitur Security SSL.
SSL(Secure Socket Layer) adalah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website Anda dengan teknologi enkripsi data yang canggih. Pada website dengan SSL maka alamatnya berubah menjadi https dan muncul tanda padlock (gembok) di address bar browser yang bisa di-klik untuk melihat jenis SSL, teknologi enkripsi yang dipakai dan siapa identitas pemilik website.
2.       Artikel
Kolom artikel juga penting dalam toko online. Kolom artikel ini adalah kolom edukasi kenapa buyer harus membeli produk yang Anda jual. Penjelasan tentang bagaimana Anda mengemas dan membuat produk yang Anda jual, akan sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan calon konsumen. Dengan adanya kolom artikel ini diharapkan buyer akan mendapatkan informasi bermanfaat sehingga buyer akan paham konsekuensi atau manfaat jika buyer membeli produk yang Anda jual.
3.       Booking Online.
Bagi teman-teman yang memiliki bisnis dengan kebutuhan reservasi secara online, dapat membuat website yang memiliki fitur reservasi tempat agar memudahkan pelanggan melakukan reservasi melalui website atau booking secara online.
4.       Email Sesuai Domain.
Baiknya bila website anda mempunyai nama domain Misal:maduasli.com, email seperti namaanda@maduasli.com akan mengangkat bisnis Anda menjadi terlihat kredibel dan makin keren serta profesional.
Memiliki website yang memiliki fitur dan fasilitas diatas sangatlah penting, hal ini semata-mata demi meningkatkan kepercayaan calon pembeli dan membuat bisnis online Anda semakin dikenal oleh masyarakat. Apabila ada budget khusus untuk promosi, gunakanlah iklan berbayar. Menggunakan Google AdwordsYoutube AdsFacebook Ads, Twitter Ads atau bahkan Instagram Ads memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih lagi apabila Anda menginginkan konversi yang sesuai dengan target Anda. Namun jangan khawatir, jasa iklan berbayar akan mem-boost iklan Anda dan penjualan akan berlangsung dengan mudah apabila Anda membuat konten yang menjual.
Bisnis Go Online Siapa Takut Bisnis Go Online Siapa Takut Reviewed by plasa busana on Oktober 07, 2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.